Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Donggala

NUR IRSAN (2023) Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Donggala. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

NUR IRSAN. Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan di Poliklinik Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Donggala (di bawah bimbingan Vidyanto)

Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako

Mutu pelayanan kesehatan adalah alat ukur untuk memberikan penilaian dalam pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan satu unsur upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan tahanan atau narapidana. Pelayanan kesehatan pada Poliklinik Rumah Tahanan Kelas IIB Donggala belum memiliki izin praktek serta baru memiliki 1 tenaga perawat dan 1 tenaga dokter. Tujuan umum dari penelitian ini yaitu untuk Untuk mengetahui mutu pelayanan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Donggala. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif, besar sampel menggunakan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Total sampel sebanyak 77 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian dari dimensi keandalan analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,96 termasuk dalam kategori baik, dari dimensi ketanggapan analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 4,01 termasuk dalam kategori baik, dari dimensi jaminan analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,94 termasuk dalam kategori baik, dari dimensi empati analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,96 termasuk dalam kategori baik, dan dari dimensi bukti fisik analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,98 termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan penelitian, dari mutu pelayanan pada Poliklinik Rutan Kelas IIB Kabupaten Donggala berdasarkan model SERVQUAL dapat dikatakan baik. Saran yaitu tetap meningkatkan dan mempertahankan mutu pelayanan sehingga kebutuhan pasien dapat terpenuhi.

Kata Kunci: Dimensi Mutu, Pelayanan Kesehatan, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108103
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item