EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 KOTA PALU

MARYAM (2023) EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Motivasi Belajar Siswa di
SMK Negeri 2 Palu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Pendekatan Realistic Mathematic
Education (RME) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar
matematika peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu atau
eksperimen quasi, yakni jenis penelitian eksperimen dimana peneliti tidak mampu
mengontrol semua variabel yang diteliti. rancangan yang digunakan adalah rancangan
faktorial 2×2 dilaksanakan pada siswa SMK Negeri 2 Palu Kelas X BDP 3 dan BDP 2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada peserta didik yang diajar menggunakan
pendekatan RME, memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajar
menggunakan pendekatan konvensional. Di samping itu, pada kedua pendekatan
pembelajaran, siswa dengan motivasi tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada
siswa yang memiliki motivasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar siswa, dan terlihat bahwa
pendekatan pembelajaran RME sangat cocok diterapkan pada siswa dengan motivasi
belajar yang rendah.
Kata kunci: efektifitas, belajar, motivasi, matematika realistik, hasil belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108412
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item