WISDADARI SHAR UMAGO (2024) EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMP LABSCHOOL PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Wisdadari Shar Umago, 2024. “Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Multimedia
Interaktif pada Kemampuan Berbicara Siswa SMP Labschool Paluâ€. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana, Universitas
Tadulako, Pembimbing Asrianti, S.Pd., M.Pd
Dalam pembelajaran peserta didik kurang berpartisipasi aktif, karena
media pembelajaran kurang menarik dan membosankan dalam pembelajaran
konvensional dan tidak memberikan pengalaman yang konkret. dalam proses
kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk
menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif
dalam menstimulasi kemampuan berbicara siswa siswi smp labschool palu.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan uji test
kelas VII dengan sampel 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi
dan test dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis presentase uji
hipotesis atau uji t-test dilakukan untuk menganalisis hasil pre-test dan post-test
dengan bertujuan mengetahui hasil pengujian kelayakan bahan ajar yang
diterapkan, kemudian bandingkan nilai keduanya dari hasil penelitian maka Ha di
tolak dan H1 diterima sedangkan untuk mengetahui seberapa besar efektivitasnya
dengan menggunakan rumus SPSS 26.
Hasil peneitian setelah dilakukan perlakuan (treatment) kepada siswa
menggunakan multimedia interaktif menghasilkan nilai rata-rata 86,15. Dimana
sebelumnya dilaksanakan pre-test hanya mencapai 72,76. Pada uji paired sampel
tes diperoleh nilai sig. 0,000. Dengan demikian nilai sig. 0,00 ? 0,05, sehingga
hasil pre-test dan post-test mengalami perubahan yang sangat signifikan terhadap
siswa kelas VII SMP Labschool Palu. Hal ini juga dilakukan penyebaran angket
dimana memperoleh nilai rata-rata 78,9?ri 5 pertanyaan untuk mengetahui
kesenangan dan pemahaman siswa terhadap bahan ajar berbasis multimedia
interaktif, dapat disimpulakan bahawa kesenangan siswa sangat tinggi.
Kata kunci: Multimedia pembelajaran interaktif, efektivitas, kemampuan
berbicara
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108469 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |