WISDADARI SHAR UMAGO (2024) EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMP LABSCHOOL PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Wisdadari Shar Umago, 2024. “Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Multimedia 
Interaktif pada Kemampuan Berbicara Siswa SMP Labschool Paluâ€. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana, Universitas 
Tadulako, Pembimbing Asrianti, S.Pd., M.Pd
Dalam pembelajaran peserta didik kurang berpartisipasi aktif, karena 
media pembelajaran kurang menarik dan membosankan dalam pembelajaran 
konvensional dan tidak memberikan pengalaman yang konkret. dalam proses 
kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk 
menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif 
dalam menstimulasi kemampuan berbicara siswa siswi smp labschool palu.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan uji test 
kelas VII dengan sampel 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi 
dan test dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis presentase uji 
hipotesis atau uji t-test dilakukan untuk menganalisis hasil pre-test dan post-test 
dengan bertujuan mengetahui hasil pengujian kelayakan bahan ajar yang 
diterapkan, kemudian bandingkan nilai keduanya dari hasil penelitian maka Ha di 
tolak dan H1 diterima sedangkan untuk mengetahui seberapa besar efektivitasnya 
dengan menggunakan rumus SPSS 26.
Hasil peneitian setelah dilakukan perlakuan (treatment) kepada siswa 
menggunakan multimedia interaktif menghasilkan nilai rata-rata 86,15. Dimana 
sebelumnya dilaksanakan pre-test hanya mencapai 72,76. Pada uji paired sampel 
tes diperoleh nilai sig. 0,000. Dengan demikian nilai sig. 0,00 ? 0,05, sehingga 
hasil pre-test dan post-test mengalami perubahan yang sangat signifikan terhadap 
siswa kelas VII SMP Labschool Palu. Hal ini juga dilakukan penyebaran angket 
dimana memperoleh nilai rata-rata 78,9?ri 5 pertanyaan untuk mengetahui 
kesenangan dan pemahaman siswa terhadap bahan ajar berbasis multimedia 
interaktif, dapat disimpulakan bahawa kesenangan siswa sangat tinggi.
Kata kunci: Multimedia pembelajaran interaktif, efektivitas, kemampuan 
berbicara
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108469 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

