EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING UNTUK MEMPERBAIKI MINAT BELAJAR SISWAKELAS VIII SMPN SATAP 2 BOLANO LAMBUNU

YOULA FRISTIN KAIRUPAN (2022) EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING UNTUK MEMPERBAIKI MINAT BELAJAR SISWAKELAS VIII SMPN SATAP 2 BOLANO LAMBUNU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Youla Fristin Kairupan, 2022. Efektivitas Blended Learning untuk memperbaiki Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap 2 Bolano Lambunu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Mursito S Bialangi.
Penelitian ini dilakukan untuk membantu proses pembelajaran, agar model pembelajaran yang dipakai tidak monoton, sehingga siswa tidak merasa bosan saat belajar, maka dari itu peneliti menggunakan model pembelajaran Blended Learning. Model Blended Learning yang akan dilaksanakan adalah pembelajaran yang berasis online dan offline serta akan dikombinasikan tiga metode pembelajaran, yaitu: project based learning, diskusi, dan eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Blended Learning untuk memperbaiki minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Satap 2 Bolano Lambunu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain one shot case. Penelitian ini melibatkan satu kelas saja yaitu kelas VIII yang terdiri dari 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian skala minat belajar siswa melalui angket minat belajar siswa yang sudah diisi sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan blended learning. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan 2 cara, yaitu dengan teknik analisis deskriptif dan uji prasyarat. Hasil analisis data yang diperoleh sebelum diajarkan menggunakan Blended Learning nilai rata-ratanya 57,17 dan sesudah diajarkan menggunakan Blended Learning nilai rata-ratanya 84,78. Hasil pengujian hipotesis diperoleh dari hasil uji-t yaitu thitung 16,94 > ttabel 2,074 dengan taraf signifikansi (?) = 0,05, maka H? diterima, sehingga pada hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan minat belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan Blended Learning.

Kata Kunci : Model blended learning ; Minat Belajar Siswa ; student centered

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108506
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item