EFEKTIVITAS KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN DALAM PERAWATAN KEHAMILAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PARIGI

HENNY WIDYAWATI NURJANAH (2025) EFEKTIVITAS KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN DALAM PERAWATAN KEHAMILAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PARIGI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

HENNY WIDYAWATI NURJANAH. Efektivitas Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dalam Perawatan Kehamilan Di Wilayah Kerja Puskesmas Parigi (dibawah bimbingan Rosmala Nur dan Ni Wayan Sridani)

Departemen Kesehatan Reproduksi
Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako
November 2024

Kelas ibu hamil merupakan program edukasi kesehatan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran. Program ini diharapkan mampu mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan meningkatkan kesejahteraan ibu serta janin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kelas ibu hamil terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang perawatan kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Parigi. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dengan desian pretest- posttest with two grup. Populasi yaitu seluruh ibu hamil yang berada d Wilayah Kerja Puskesmas Parigi dengan sampel kelompok eksperimen sebanyak 38 orang dan kelompok kontrol sebanyak 38 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test yaitu uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan pada kelompok eksperimen sebesar 34,49 dan kelompok kontrol sebesar 10,73 dengan p value= 0,000 dan rata-rata sikap pada kelompok eksperimen sebesar 31,77 dan pada kelompok kontrol 17,01 dengan p value=0,000. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan rata-rata pegetahuan dan sikap pada kelompok eksperimen dan kontrol. Artinya bahwa pembelajaran kelas tatap muka berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang perawatan kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Parigi.

Kata Kunci : Kelas Ibu Hamil, Quasi Eksperimen, Pengetahuan, Sikap

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108611
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item