YAYU SAFITRI ABDULLAH (2021) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI DAMPAK NEGATIF PERILAKU MENYONTEK SISWA SMP NEGERI 3 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Yayu Safitri Abdullah, 2021. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik
Cognitive Restructuring untuk Mengurangi dampak negatif perilaku
menyontek siswa SMP Negeri 3 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan
dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako, dalam bimbingan Durrotunnisa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perilaku Menyontek siswa
menurun setelah mengikuti konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menjelaskan konseling kelompok teknik
Cognitive Restructuring untuk mengurangi dampak negatif perilaku menyontek
siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa SMP Negeri 3 Palu. Pemberian
angket dilakukan sebanyak dua tahap yaitu tahap pertama diberikan sebelum
pelaksanaan konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring dan tahap kedua
diberikan setelah pelaksanaan konseling kelompok teknik Cognitive
Restructuring. Analisis deskriptif dan analisis inferensial yang digunakan adalah
statistik dengan rumus Wilcoxon sign rank test pada taraf signifikan 95%. Hasil
desktiptif sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik Cognitive
Restructuring presentase rata-rata perilaku menyontek siswa sebesar 82,5% hasi
analisis menunjukan perilaku menyontek sangat tinggi, sesudah diberikan layanan
konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring presentase rata-rata periaku
menyontek siswa sebesar 53,75%, masuk dalam klasifikasi rendah. Hasil analisis
inferensial menunjukkan bahwa nilai T Hitung < nilai T Tabel Wilcoxon atau 0 <
2. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok teknik Cognitive
Restructuring dapat mengurangi dampak negatif perilaku menyontek siswa.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok teknik
Cogniitive Restructuring dapat mengurangi dampak negatif perilaku menyontek.
Kata kunci : Konseling Kelompok Cognitive Restructuring, Perilaku Menyontek
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108639 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |