EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI BAHAYA PENGGUNAAN GAME ONLINE DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU

MUBARAK (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI BAHAYA PENGGUNAAN GAME ONLINE DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Mubarak, 2019. Efektivitas Layanan Informasi Bahaya Penggunaan Game Online Disertai Media Audio Visual Dalam Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan apakah pemberian layanan informasi tentang bahaya penggunaan game online disertai media audio visual efektif dalam mengurangi kecanduan game online pada siswa kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas layanan informasi bahaya penggunaan game online pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket kecanduan game online. Hasil analisis deskriptif sebelum diberikan layanan informasi bahaya penggunaan game online disertai media audio visual yaitu 25% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang sangat kecanduan, 55% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang kecanduan, 20% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang kurang kecanduan. Kemudian sesudah diberikan layanan informasi bahaya penggunaan game online disertai media audio visual, menurun menjadi 15% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang sangat kecanduan, 30% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang kecanduan, dan 55% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang kurang kecanduan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian layanan informasi bahaya penggunaan game online disertai media audio visual efektif dalam menurunkan perilaku kecanduan game online pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Palu.
Kata kunci : Bahaya Penggunaan Game Online, Kecanduan Game Online
?

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108656
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item