EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI CARA BERSIKAP SOPAN SANTUN DI SEKOLAH DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 4 PALU

SAMSUL BAHRI (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI CARA BERSIKAP SOPAN SANTUN DI SEKOLAH DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 4 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang sering berperilaku kurang sopan santun kepada guru maupun kepada teman sebayanya disekolah. Tujuan utama penelitian ini untuk menjelaskan efektifitas pemberian layanan informasi cara bersikap sopan santun di sekolah disertai media audio visual dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket perilaku sopan santun. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistik yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kualitas perilaku sopan santun siswa sebelum diberikan layanan informasi cara bersikap sopan santun di sekolah disertai media audio visual yaitu 12% siswa memiliki kualitas perilaku yang sopan, 60% siswa memiliki kualitas perilaku yang kurang sopan, 24% siswa memiliki kualitas perilaku yang tidak sopan, dan 4% siswa memiliki kualitas perilaku yang sangat tidak sopan. Sedangkan kualitas perilaku sopan santun siswa sesudah diberikan layanan informasi cara bersikap sopan santun di sekolah disertai media audio visual yaitu 8% siswa memiliki kualitas perilaku yang sangat sopan, 52% siswa memiliki kualitas perilaku yang sopan, 36% siswa memiliki kualitas perilaku yang kurang sopan, dan 4% siswa memiliki kualitas perilaku yang sangat tidak sopan. Dari hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa pemberian layanan informasi cara bersikap sopan santun di sekolah disertai media audio visual efektif dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa.
?

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108661
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item