EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII DI SMA NEGERI 1 TOJO, SULAWESI TENGAH

MANK AYU MONICA (2021) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII DI SMA NEGERI 1 TOJO, SULAWESI TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Mank Ayu Monica 2021. “Efektivitas Layanan Informasi dengan Metode
blended learning dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran
Sejarah Kelas XII SMA Negeri 1 Tojo, Sulawesi Tengah”. Skripsi,
Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako,
Pembimbing Dr. Dhevy Puswiartika, M.Psi., Psikolog.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh layanan informasi
dengan metode blended learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran
sejarah kelas XII di SMA Negeri 1 Tojo, Sulawesi Tengah dan minat belajar
siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan metode blended
learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan
peningkatan minat belajar sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan informasi
dengan metode blended learning. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64
siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat
belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif
dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 95%.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa minat belajar siswa sebelum
dilaksanakan layanan informasi dengan metode blended learning terdapat 0%
siswa sangat bermiat, 41% siswa berminat, 51% tidak berminat, dan 8% siswa
sangat tidak berminat. Sesudah dilaksanakan layanan informasi dengan metode
blended learning diketahui bahwa terdapat 23% siswa sangat berminat, 58% siswa
berminat, 16% siswa tidak berminat, dan 3% siswa sangat tidak berminat. Dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi dengan metode
blended learning terhadap minat belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Tojo,
Sulawesi Tengah.
Kata Kunci: Metode Blended Learning, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108664
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item