MEIKA DWIYARSI (2021) Efektivitas Media Zoom Video Communication Dalam Pembelajaran Daring (Online) Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Meika Dwiyarsi W.Achmad (B 501 17 045) Program Studi Ilmu Komunikasi
Universitas Tadulako Konsentrasi Public Relation. Skripsi Efektivitas Media
Zoom Video Communication Dalam Pembelajaran Daring (Online) Pada
Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Ibu
Sumarni Zainuddin sebagai pembimbing I dan Ibu Dwi Rohma Wulandari
sebagai pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media zoom video
communication dalam pembelajaran daring (online) pada program studi Ilmu
Komunikasi Universitas Tadulako di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini
menggunakan teori new media berdasarkan konsep dari efektivitas media yang
terdiri dari 6 poin yaitu dimensi acessbility, dimensi speed, dimensi amount,
dimensi cognitive effectiveness, dimensi relevance, dan dimensi motivating.
Informan dalam penelitian ini berjumlah (68) orang yang dipilih dengan
penggunaan sampel menggunakan rumus slovin dengan teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner secara online.
Hasil akumulasi variabel efektivitas media dari penelitian, menunjukkan
bahwa efektivitas media zoom video communication dalam pembelajaran daring
(online) tidak efektif pada program studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako.
Dengan memperoleh skor keseluruhan 60,24%. Apabila dilihat dari hasil
akumulasi 6 dimensi tersebut, maka dimensi acessbility memperoleh skor 182
atau 66,91% yang masuk dalam kategori efektif, dimensi speed memperoleh skor
158 atau 58,09% masuk dalam kategori tidak efektif, dimensi amount
memperoleh skor 153 atau 56,26% masuk dalam kategori tidak efektif, dimensi
cognitive effectiveness memperoleh skor 156 atau 57,36% masuk dalam kategori
tidak efektif, dimensi relevance memperoleh skor 165 atau 60,66% masuk dalam
kategori tidak efektif, dan dimensi motivating memperoleh skor 166 atau 61,02%
masuk dalam kategori tidak efektif.
Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi salah satu nilai tambah dalam
mempertimbangkan evaluasi kampus terhadap pembelajaran daring (online)
dimasa pandemi Covid-19, karena efektivitasnya dalam aksesibilitas pembelajaran
perlu diperhatikan agar dapat membantu memenuhi tujuan dari proses
pembelajaran.
Kata Kunci : New media, efektivitas media, Zoom video communication
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108704 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |