MEIKA DWIYARSI (2021) Efektivitas Media Zoom Video Communication Dalam Pembelajaran Daring (Online) Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Meika Dwiyarsi W.Achmad (B 501 17 045) Program Studi Ilmu Komunikasi 
Universitas Tadulako Konsentrasi Public Relation. Skripsi Efektivitas Media 
Zoom Video Communication Dalam Pembelajaran Daring (Online) Pada 
Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Ibu 
Sumarni Zainuddin sebagai pembimbing I dan Ibu Dwi Rohma Wulandari 
sebagai pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media zoom video 
communication dalam pembelajaran daring (online) pada program studi Ilmu 
Komunikasi Universitas Tadulako di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini 
menggunakan teori new media berdasarkan konsep dari efektivitas media yang 
terdiri dari 6 poin yaitu dimensi acessbility, dimensi speed, dimensi amount, 
dimensi cognitive effectiveness, dimensi relevance, dan dimensi motivating. 
Informan dalam penelitian ini berjumlah (68) orang yang dipilih dengan 
penggunaan sampel menggunakan rumus slovin dengan teknik pengumpulan data 
menggunakan kuesioner secara online. 
Hasil akumulasi variabel efektivitas media dari penelitian, menunjukkan 
bahwa efektivitas media zoom video communication dalam pembelajaran daring 
(online) tidak efektif pada program studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako. 
Dengan memperoleh skor keseluruhan 60,24%. Apabila dilihat dari hasil 
akumulasi 6 dimensi tersebut, maka dimensi acessbility memperoleh skor 182 
atau 66,91% yang masuk dalam kategori efektif, dimensi speed memperoleh skor 
158 atau 58,09% masuk dalam kategori tidak efektif, dimensi amount
memperoleh skor 153 atau 56,26% masuk dalam kategori tidak efektif, dimensi 
cognitive effectiveness memperoleh skor 156 atau 57,36% masuk dalam kategori 
tidak efektif, dimensi relevance memperoleh skor 165 atau 60,66% masuk dalam 
kategori tidak efektif, dan dimensi motivating memperoleh skor 166 atau 61,02% 
masuk dalam kategori tidak efektif. 
Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi salah satu nilai tambah dalam 
mempertimbangkan evaluasi kampus terhadap pembelajaran daring (online)
dimasa pandemi Covid-19, karena efektivitasnya dalam aksesibilitas pembelajaran 
perlu diperhatikan agar dapat membantu memenuhi tujuan dari proses 
pembelajaran.
Kata Kunci : New media, efektivitas media, Zoom video communication
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108704 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

