Efektivitas Metode Bercerita Berbasis Buku Cerita Bergambar Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Di Kelompok B TK Nurul Haq Tinggede

DEWI CAHYATI (2023) Efektivitas Metode Bercerita Berbasis Buku Cerita Bergambar Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Di Kelompok B TK Nurul Haq Tinggede. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Dewi Cahyati (2023) “Efektivitas Metode Bercerita Berbasis Buku Cerita Bergambar Untuk Mengembangkan Bahasa Anak di Kelompok B TK Nurul Haq Tinggede”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Fitriana dan Pembimbing (II): Zakiyyatul Imamah.
Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak belum berkembang dengan baik. Upaya menyelesaikan masalah tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas metode bercerita berbasis buku cerita bergambar untuk mengembangkan bahasa anak di kelompok B TK Nurul Haq Tinggede. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subyek berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Hasil pengamatan sebelum diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (0%) dalam kategori BSB, (20%) dalam kategori BSH, (40%) dalam kaegori MB dan (40%) dalam kategori BB. Aspek menjawab pertanyaan (6,67%) dalam kategori BSB, (20%) dalam kaegori BSH, (20%) dalam kategori MB, dan (53,33%) dalam kategori BB. Aspek mengulang kalimat sederhana (0%) dalam kategori BSB, (13,33%) dalam kategori BSH, (6,67%) dalam kategori MB dan (80%) dalam kategori BB. Hasil pengamatan sesudah diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (33,33%) dalam kategori BSB, (46,67%) dalam kategori BSH, (20%) dalam kategori MB, dan (0%) dalam kategori BB. Aspek menjawab pertanyaan (40%) dalam kategori BSB, (46,67%) dalam kategori BSH, (13,33%) dalam kategori MB dan (0%) dalam kategori BB. Aspek mengulang kalimat sederhana (33,33%) dalam kategori BSB, (53,33%) dalam kategori BSH, (6,67%) dalam kategori MB, (6,67%) dalam kategori BB. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas metode bercerita berbasis buku cerita bergambar untuk mengembangkan bahasa anak di Kelompok B TK Nurul Haq Tinggede.

Kata kunci : Metode Bercerita, Perkembangan Bahasa Anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108711
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item