Efektivitas Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Dampal Utara

RAHMAT HIDAYAT (2020) Efektivitas Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Dampal Utara. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektivan metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Dampal Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Dampal Utara. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Adapun sampel yang diperoleh adalah kelas VII SMP Negeri 1 Dampal Utara yang berjumlah dua kelas. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 75,28 dan kelas kontrol 69,9. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 1,87 dan ttabel = 1,68 karena thitung > ttabel maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik dari metode ekspositori. Artinya metode penemuan terbimbing efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Dampal Utara pada materi aritmetika sosial.

Kata Kunci: Efektivitas, Metode Penemuan Terbimbing, Pemecahan Masalah Matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108715
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item