EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI HANGA-HANGA

SITTI RATNISA I. MARIAJANG (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI HANGA-HANGA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri Hanga-Hanga. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar tes menulis untuk mengukur kemapuan menulis siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T-test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 24. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < nilai alfa 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compsitio (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan mneulis siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated reading and composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri Hanga-Hanga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108725
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item