EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERPOLA LESSON STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI KIMIA ASAM BASA DI SMA NEGERI 2 SIGI

AYU PURNAMA SARI (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERPOLA LESSON STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI KIMIA ASAM BASA DI SMA NEGERI 2 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Ayu Purnama Sari, 2019.“Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpola Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Kimia Asam Basa di SMA Negeri 2 Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Suherman (II) Afadil.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berpola lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kimia Asam Basa di kelas XI SMA Negeri 2 Sigi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan one group pretest-postest design. Instrumen penelitian berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tes berpikir kritis, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) serta lembar observasi yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rubrik berpikir kritis dengan tiga indikator yaitu interpretasi, analisis, dan inferensi. Berdasarkan analisa data hasil penelitian, diperoleh kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA 3 saat prettest yaitu interpretasi, analisis, dan inferensi berturut-turut sebesar 3,21%, 11,63%, dan 7,64%. Untuk kelas XI MIA 4 berturut-turut sebesar 3,13%, 7,73%, dan 4,17%. Sedangkan saat posttest besarnya kemampuan berpikir kritis interpretasi, analisis, dan inferensi berturut-turut untuk kelas XI MIA 3 yaitu 55,82% (kategori rendah), 86,46% (kategori sangat tinggi) dan 73,26% (kategori tinggi). Untuk Kelas XI MIA 4 berturut-turut sebesar 61,02% (kategori sedang), 69,70% (kategori sedang) dan 54,51% (kategori rendah). Keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pola lesson study pada kemampuan berpikir kritis siswa ditentukan dengan uji N-Gain yang memperoleh nilai 0,78 (kategori tinggi) di kelas XI MIA 3 dan 0,68 (kategori sedang) di kelas XI MIA 4. Hasil ini menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpola lesson study pada materi Asam Basa secara efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Lesson Study, Berpikir Kritis, Asam Basa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108727
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item