EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PEMBELAJARAN IPS MATERI KEUNIKAN KEBIASAAN MASYARAKAT DI SEKITARKU SISWA KELAS IV SDN INPRES 1 BIROBULI

NURSAKINA A ISIMU (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PEMBELAJARAN IPS MATERI KEUNIKAN KEBIASAAN MASYARAKAT DI SEKITARKU SISWA KELAS IV SDN INPRES 1 BIROBULI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Inpres 1
Birobuli. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen non?equivalent control group design dengan sampel kelas IVA sebagai kelas kontrol dan
IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < nilai alfa 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil
belajar IPS siswa. Kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif tipe STAD
efektif diterapkan pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli.

Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil
Belajar IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108729
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item