EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BOLANO

TRI WAHYU SETIAWATI (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BOLANO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Tri Wahyu Setiawati, 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas
XI IPS di SMA Negeri 1 Bolano. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing Rendra Zainal Maliki, S.Pd.,M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran
Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada materi keragaman budaya
indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bolano. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Penelitian dengan metode quasi
eksperiment merupakan suatu tindakan dan pengamatan yang dilakukan untuk
mengecek atau mengenali sebab akibat dari suatu masalah. Dalam penelitian ini
menggunakan sampel pada kelas XI IPS 1 berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol
dan XI IPS 2 berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian
berupa tes essay sebanyak 10 soal. Hasil uji hipotesis data menunjukan peningkatan
hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia sebelum dan sesudah
proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based
Lerning (PBL) dengan nilai rata-rata Post-test kelas kontrol 66,52 dan kelas
eksperimen 83.20 sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05 maka Ho
ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil
belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri
1 Bolano.
Kata kunci : Problem Based Learning, Pelajaran Geografi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108733
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item