EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII A DI SMP NEGERI 19 PALU

FIRANIKA MOHA (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII A DI SMP NEGERI 19 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Firanika Moha 2021, “Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran
PPKn Kelas VIII A di SMP Negeri 19 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing,
Jamaludin.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran
daring pada mata pelajaran PPKn di masa pandemi. 2) Untuk mendeskripsikan
kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada mata
pelajaran PPKn. 3) Untuk mendeskripsikan bidang apa saja yang perlu diperbaiki
agar pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan lebih baik kedepannya.
Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah,
guru PPKn yang berjumlah 1 orang dan 10 orang siswa. Teknik pengumpulan
data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa 1) Pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn kelas VIII
A di SMP Negeri 19 Palu tidak efektif, hal ini dapat dilihat dari proses
pelaksanaan pembelajaran yang belum maksimal. Adapun faktor penyebabnya
yaitu fasilitas berupa handphone, kuota internet, koneksi jaringan, keterbatasan
guru dalam menggunakan teknologi dan sosial media serta keterbatasan siswa
dalam memahami materi pembelajaran. Dan siswa yang tidak terfasilitasi dalam
pembelajaran daring, guru memfasilitasi siswa dengan memberi tugas-tugas
tambahan secara individu. 2) Kelebihan dari pembelajaran daring tersebut ialah,
bisa online di mana saja dan tidak harus formal. Adapun kekurangan dari
pembelajaran daring ini adalah sulit diakses, minimnya pemahaman siswa
terhadap materi, kurangnya pengawasan dalam belajar, kurangnya fokus siswa
dalam proses pembelajaran serta boros kuota data internet. 3) Bidang yang perlu
diperbaiki dalam pembelajaran daring tersebut ialah terjalinnya kerjasama yang
baik antara pihak sekolah dengan orang tua siswa, serta ketersediaannya sarana
dan prasarana berupa handphone, laptop, dan kuota data maupun layanan internet
(wifi) dalam menunjang keterlaksanaan-Nya pembelajaran yang berkualitas.
Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108803
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item