EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MANEKIN RENAL BERBAHAN DASAR SEDERHANA TERHADAP PEMBELAJARAN ANATOMI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO

JUSHELYN MARIN PAREDANUN (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MANEKIN RENAL BERBAHAN DASAR SEDERHANA TERHADAP PEMBELAJARAN ANATOMI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MANEKIN RENAL BERBAHAN DASAR SEDERHANA TERHADAP PEMBELAJARAN ANATOMI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO

Jushelyn Marin Paredanun*, Sarifuddin**

*Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
**Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

ABSTRAK

Latar Belakang : Anatomi merupakan ilmu yang mempelajari struktur tubuh normal dan hubungan dengan struktur yang berada di sekitarnya. Salah satu media pembelajaran anatomi yaitu manekin. Kurangnya jumlah manekin menjadi suatu masalah bagi pengajar dan mahasiswa untuk memahami materi yang diberikan. Penggunaan manekin anatomi berbahan dasar sederhana dapat membantu masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan manekin Renal berbahan dasar sederhana terhadap pembelajaran anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

Metode : Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Jumlah sampel 159 mahasiswa, dibagi menjadi 2 kelompok, 79 mahasiswa pada kelompok kontrol dan 80 mahasiswa pada kelompok eksperimen

Hasil : Berdasarkan uji Mann Whitney didapatkan nilai P < 0.050 yang berarti mengalami peningkatan yang signifikan pada kedua kelompok. Perbandingan rata-rata perubahan nilai anatomi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yaitu 23.80 dan 32.125

Kesimpulan : Rata-rata peningkatan nilai pada kelompok yang menggunakan manekin berbahan dasar sederhana adalah 32.12 yang secara statistik dikatakan bermakna. Rata-rata peningkatan nilai pada kelompok yang menggunakan manekin standar laboratorium adalah 23.80 yang secara statistik dikatakan bermakna. Rata-rata perubahan nilai anatomi (?) pada kelompok perlakuan dengan metode pembelajaran menggunakan manekin berbahan dasar sederhana lebih besar dibandingkan dengan rata rata perubahan nilai anatomi (?) pada kelompok kontrol dengan metode pembelajaran menggunakan manekin standar laboratorium.

Kata Kunci : Manekin Berbahan Dasar Sederhana, Anatomi, Media Pembelajaran

THE EFFECTIVENESS OF THE USE OF SIMPLE-BASED RENAL MANNEQUINS ON ANATOMY LEARNING
FOR MEDICAL FACULTY STUDENTS
OF TADULAKO UNIVERSITY

Jushelyn Marin Paredanun*, Sarifuddin**

*Student of Medical Faculty, Tadulako University
** Department of Anatomy, Medical Faculty, Tadulako University

ABSTRACT

Background: Anatomy is a science that studies normal body structure and its relationship with the structures around it. One of the media for studying anatomy is a mannequin. The lack of mannequins is a problem for teachers and students to understand the material provided. Using simple anatomical mannequins can solve this problem. This research aims at determining the effectiveness of using simple Renal mannequins in teaching anatomy at Medical Faculty of Tadulako University.

Method: This research used a Quasi Experimental method with a nonequivalent control group design. The total sample was 159 students, divided into 2 groups, 79 students are in control group and 80 students are in experimental group.

Results: Based on the Mann Whitney test, the P value is <0.050, which means that there is a significant increase in both groups. The comparison of the average changes in anatomical values for the control group and the treatment group is 23.80 and 32.125.

Conclusion: The average increase in score in the group using simple-based mannequins is 32.12 which is statistically significant. The average increase in scores in the group using standard laboratory mannequins is 23.80, which is said to be statistically significant. The average change in anatomical values (?) in the group using the learning method with simple-based mannequins is greater than the average change in anatomical values (?) in the group using the learning method using standard laboratory mannequins.

Keywords: Simple-Based Mannequins, Anatomy, Learning Media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108935
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item