EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI KABONENA

EKANUR OKTARIA (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI KABONENA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Ekanur Oktaria, 2021. Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri Kabonena. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing
Abdul Rahman, S.Pd.,M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan
model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri
Kabonena. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen
menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control
Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri
Kabonena yang berjumlah 22 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 11 orang
dan siswa kelas kontrol berjumlah 11 orang. Pengambilan data yang dilakukan
menggunakan instrumen penelitian berupa tes soal pilihan ganda, Analisis data
menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta
pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test berbantuan program
SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai
signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya
model pembelajaran Discovery Learning efektif digunakan terhadap hasil belajar
IPA siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery
Learning efektif digunakan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD
Negeri Kabonena.
Kata kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108941
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item