INGGIH DWI PUTRI (2022) Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Konstekstual Materi Pengurangan Bilangan Bulat Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SD Kristen Bala Keselamatan Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Inggih Dwi Putri, 2021. Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis
Kontekstual Materi Pengurangan Bilangan Bulat terhadap Minat Belajar Siswa
Kelas VI SD Kristen Bala Keselamatan Palu. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing Mufida, S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul
pembelajaran berbasis kontekstual materi pengurangan bilangan bulat terhadap
minat belajar siswa kelas VI SD Kristen Bala Keselamatan Palu. Desain penelitian
yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent
control group design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen yang
menggunakan modul pembelajaran berbasis kontekstual dan kelas kontrol yang
menggunakan buku pelajaran matematika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas
VI SD Kristen Bala Keselamatan Palu yang berjumlah 36 orang. Kelas eksperimen
berjumlah 20 orang dan kelas kontrol berjumlah 16 orang.. Berdasarkan hasil uji t
menggunakan uji independen sample T test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar
0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan
menerima hipotesis alternative (Ha). Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata
dari kedua kelas tersebut diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71.80
dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 65.69. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya perbedaan signifikan minat belajar dapat disimpulkan bahwa antara siswa
kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Maka dari itu, modul pembelajaran
berbasis kontekstual pada materi pengurangan bilangan bulat efektif digunakan
terhadap minat belajar siswa VI SD Bala Keselamatan Palu
Kata kunci: Modul Pembelajaran Pengurangan bilangan bulat, minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108943 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |