EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD INPRES 1 TANAMODINDI

RINDAYANI (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD INPRES 1 TANAMODINDI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rindayani, 2022. “Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Materi Penjumlahan Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul pembelajaran berbasis kontekstual materi penjumlahan bilangan bulat terhadap hasil belajar pada siswa kelas VI Sekolah Dasar. Desain penelitian ini adalah one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan tes. Tes yang dimaksud adalah Pre-test (sebelum perlakuan modul berbasis kontekstual materi penjumlahan bilangan bulat) dan Post-test (sesudah perlakuan modul berbasis kontekstual materi penjumlahan bilangan bulat. Tes ini digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan modul berbasis kontekstual materi penjumlahan bilangan bulat sehingga dapat diketahui efektivitas penggunaan modul tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VI B yang berjumlah 30 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis (uji t) untuk membuktikan apakah terdapat perbedaan antara data sebelum dan data sesudah perlakuan dari suatu sampel. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh ????????????????????????? = 2,32 dengan taraf signifikan ? = 0,05 dengan dk = 58 maka diperoleh ???????????????????????? two tailed sebesar 2,00. Sehingga didapatkan hasil ????????????????????????? lebih besar dari ???????????????????????? atau 2,32 > 2,00 yang berarti ???????? ditolak dan ???????? diterima. Artinya, modul pembelajaran berbasis kontekstual materi penjumlahan bilangan bulat efektif digunakan pada siswa kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual, Penjumlahan Bilangan Bulat, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/108950
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item