SUSI SRI HANDAYANI (2021) EFEKTIVITAS STRATEGI BELAJAR AKTIF SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD INTI INPRES BTN SILAE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Susi Sri Handayani, 2020. “Efektivitas Strategi Belajar Aktif Serta Relevansinya
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inti Inpres BTN Silaeâ€. Skripsi. Program
studi pendidikan guru sekolah dasar. Program sarjana, Universitas Tadulako.
Pembimbing Rizal.
Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan strategi yang mengaktifkan siswa
dalam pembelajaran. Untuk itu guru perlu menerapkan strategi belajar aktif (active
learning) dalam proses pembelajaran. karena di dalam startegi belajar aktif ada
metode-metode yang bisa digunakan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran
yang menarik dan mengaktifkan siswa.
Pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apakah penggunaan
strategi pembelajaran aktif dalam pencapaian prestasi belajar di SD Inti BTN Silae
sudah efektiv. Untuk mengetahui pencapaian prestasi belajar siswa. Untuk mencapai
tujuan dari penelitian di atas, menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif
dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case
study). Penelitian dilakukan di SD Inti Inpres BTN Silae, dengan subyek penelitian
adalah siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi
atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian Implementasi strategi belajar aktif dalam pembelajaran
tematik, (1) Konsep belajar aktif adalah suatu pembelajaran yang yang menjadikan
siswa-siswanya lebih aktif, kreatif, inovatif dan mandiri. (2) Implementasi strategi
belajar aktif dalam pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik, dimana guru
menggunakan beberapa metode yang bervariasi sesuai dengan karakteristik siswa dan
materi. metode yang diterapkan dalam pembelajaran tematik antara lain metode
inkuiri, metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), metode
pembelajaran berbasis proyek (project based learning), metode pembelajaran bola
salju (snowball), serta metode eksperimen sehingga kegiatan pembelajaran menarik
dan siswa lebih banyak pertartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. (3) Dampak dari
implementasi strategi belajar aktif adalah siswa menjadi aktif, maksudnya aktif
bertanya, menjawab pertanyaan, menyampaikan pendapat, berpikir kritis, mampu
memecahkan masalah. Selain itu siswa juga menjadi kreatif dan mandiri. Hal ini
berimbas pada nilai akademik dan lulusan yang berkualitas. Adapun kendala dalam
implementasi strategi belajar aktif adalah masalah terbatasnya waktu, masalah kelas
besar yang mempersulit kegiatan pembelajaran berjalan maksimal, serta terbatasnya
alat peraga dan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/109040 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |