EFEKTIVITAS STRATEGI BELAJAR AKTIF SERTA RELEVANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 2 KAMONJI

GABRIELA MOTOBU (2022) EFEKTIVITAS STRATEGI BELAJAR AKTIF SERTA RELEVANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 2 KAMONJI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Gabriela Motobu (2022). Efektivitas Strategi Belajar aktif Serta Relevansi
Terhadap prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd inpres 2 kamonji. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah siswa kelas IV di SD Inpres
2 Kamonji berminat bernyanyi lagu daerah Sulawesi Tengah dengan
menggunakan media audio visual maka tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan minat siswa dalam bernyanyi lagu daerah Sulawesi Tengah
dengan menggunakan media audio visual. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Angket yang diberikan kepada siswa,
akan memberikan gambaran tentang tingkat minat siswa terhadap lagu daerah
dengan penggunaan media audio visual. Masing-masing siswa akan menjawab
angket dengan 10 pertanyaan pada setiap indikator. Berdasarkan hasil wawancara
peneliti dengan informan, yaitu guru kelas IV SD Inpres 2 Kamonji, dapat
diperoleh informasi bahwa guru selalu memberikan kesempatan kepada siswa
untuk tampil di depan kelas guna menyanyikan, mengemukakan atau melakukan
sesuatu, hal ini dilakukan untuk membangkitkan minat belajar siswa untuk ikut
berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Data wawancara guru dan siswi
berkaitan dengan adanya proses pembelajaran praktik. Mendapatkan keterangan
bahwa setiap siswa-siswi mempunyai sifat dan keinginan yang berbedabeda.
Berdasarkan penjelasan hasil penelitian tersebut, maka dapat dambil
kesimpulan bahwa minat siswa dalam menyanyikan lagu daerah melalui
penggunaan media audio visual siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamonji memiliki
minat yang tinggi. Saran yang pertama bagi sekolah, metode pembelajaran
menggunakan audiovisual sangat membantu bagi siswa, maka dari itu sebaiknya
menambah fasilitas yang memadai seperti LCD proyektor yang lebih bagus dan
mengganti LCD proyektor yang rusak, karena ada beberapa kelas yang LCD
proyektor untuk pembelajaran rusak.
Kata Kunci : Efektivitas Strategi Belajar Aktif Serta Relevansi Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 2 Kamonji

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/109041
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item