Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Desa Betaua, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una (Studi Kasus UD. Shafa Farm).

NURSANTI DEDELE (2023) Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Desa Betaua, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una (Studi Kasus UD. Shafa Farm). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nursanti Dedele ( O 121 16 323 ), Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di Desa
Betaua, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una (Studi Kasus UD. Shafa
Farm). Dibimbing oleh ibu ( Haerani Maksum ) dan ( Sayekti Handayani )
Telur ayam ras merupakan komoditi yang diminati masyarakat
dikarenakan telur merupakan salah satu produk pangan hasil ternak yang
mempunyai peran sangat penting dalam pemenuhan gizi masyarakat. Pemasaran
telur yang dilakukan oleh produsen biasanya menggunakan berbagai lembaga
pemasaran agar produk telur ayam ras sampai ke tangan konsumen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, menganalisis margin,
keuntungan, dan efisiensi pemasaran telur ayam ras pada UD. Shafa Farm di Desa
Betaua, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una. Penelitian ini telah
dilaksanakan Di Desa Betua, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una pada
bulan November 2021 sampai Januari 2022. Dianalisi menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian
menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan
wawancara, pengamatan terlibat. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu saluran pemasaran, keuntungan, efisiensi pemasaran. Responden lembaga
pemasaran ditentukan dengan metode snowball sampling yaitu teknik menentukan
responden dengan cara memperoleh informasi mengenai keberadaan dalam hal ini
peternak, saluran pemasaran ditentukan melalui pendekatan langsung mengikuti
aliran pemasarab telur dari produsen sampai ke konsumen akhir dimana
responden yang dimaksud dalam penelitian ini adalah peternak berjumlah 1 orang,
pedagang besar 2 orang, Pedagang Pengecer 22 orang dan konsumen 31 orang.
Hasil penelitian menunjukkan pada saluran I keuntungan yang diperoleh dari
pemasaran telur ayam ras adalah Rp. 926,3, Margin Pemasaran Rp. 933,3,
Farmer’s share, 62,67%, Efisiensi Pemasaran 4,6?n untuk Saluran II nilai
dengan Keuntungan Rp. 1.232,3, Margin Pemasaran Rp. 1.233, Farmer’s share
50,68%, Efisiensi 3,9 %. Hasil tersebut menunjukan kedua saluran dapat
dikatakan efisien dan menunjukkan saluran II lebih efisien dari saluran 1.
Kata kunci : Efesiensi Pemasaran Telur Ayam Ras, Farmer’s share, dan
Keuntungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Peternakan dan Perikanan > Peternakan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/109082
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item