Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Desa Sibonu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi (Studi Kasus Pada Sibonu Poultry Farm)

ARTHUR BRYAN KASESE (2024) Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Desa Sibonu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi (Studi Kasus Pada Sibonu Poultry Farm). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arthur Bryan Kasese (O 121 17 251). Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Desa
Sibonu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi (Studi Kasus Pada Sibonu Poultry
Farm) (Haerani Maksum dan Sayekti Handayani, 2024).
Peternakan adalah subsektor pertanian yang berperan penting dalam pemenuhan
kebutuhan protein hewani atau peternakan adalah suatu kegiatan memelihara hewan
ternak untuk dibudidayakan serta mendapat keuntungan dari hewan ternak.
Pemasaran adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menyalurkan sebuah produk
dari produsen sampai ke tangan konsumen. Telur adalah salah satu hasil produk
peternakan yang mempunyai peran yang sangat penting bagi masyarakat karena harga
murah, kandungan gizi tinggi terutama pada kandungan serta memiliki nilai cerna
oleh tubuh yang tinggi. Efisiensi pemasaran adalah tujuan akhir dari suatu produk
antara biaya dengan nilai produk yang dipasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui saluran pemasaran telur ayam ras di Sibonu Poultry Farm dan
mengetahui efisiensi pemasaran telur ayam ras berdasarkan biaya pemasaran, margin
pemasaran, serta farmer’s share pemasaran di Sibonu Poultry Farm. Penelitian ini
telah dilaksanakan di Sibonu Poultry Farm, Desa Sibonu, Kecamatan Dolo Barat,
Kabupaten Sigi dari Agustus 2023 - September 2023. Jenis dan metode penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan
metode studi kasus. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan
metode snowball sampling, responden dalam penelitian ini adalah peternak, lembaga
pemasaran, dan konsumen. Jenis data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer
dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menentukan margin, keuntungan, farmer’s share, serta nilai efisiensi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga saluran pemasaran di Sibonu Poultry
Farm tersebut dinyatakan pemasaran yang efisien dikarenakan nilai efisiensi nya
diantara 0-33?n saluran pemasaran yang lebih efisien dari ketiga saluran
pemasaran tersebut adalah saluran pemasaran I dengan nilai efisiensi pemasaran
sebesar 3,52 %
Kata Kunci: efisiensi pemasaran, telur ayam ras

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Peternakan dan Perikanan > Peternakan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/109100
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item