MOH. LINTAR AL-ATSARY (2025) EVALUASI GEOMETRIK RUAS JALAN POROS PALU - PALOLO (STUDI KASUS: KM 30 - 32). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
EVALUASI GEOMETRIK RUAS JALAN POROS PALU – PALOLO (STUDI KASUS: KM 30 – 32)
Moh. Lintar Al-Atsary, Ratnasari Ramlan, Zet Mallisa
ABSTRAK
Jalan Poros Palu – Palolo (Studi Kasus: KM 30 – 32) merupakan jalan provinsi yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah dengan fungsi jalan lokal primer sebagai jalan penghubung dengan Kabupaten Sigi. Jalan ini memiliki tikungan yang mempunyai jari-jari kecil/kurang dan memiliki jarak antar lengkung horizontal yang tidak sesuai standar sehingga membuat pengendara tidak nyaman. Hal ini juga dipengaruhi dengan keadaan topografi yang merupakan daerah pegunungan sehingga menyembabkan jarak pandang pengemudi pendek. Oleh karena itu penulis ingin mengevaluasi geometrik jalan khususnya pada alinemen horizontal dan alinemen vertikal dengan pedoman terbaru yaitu Pedoman Desain Geometrik Jalan Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengambilan data berupa data geometrik jalan dan situasi jalan diperoleh dari hasil pengukuran di lapangan. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan bantuan software Microsoft Office Excel 2019, Autocad Civil 3D 2018. Berdasarkan hasil evaluasi eksisting jalan, pada alinemen horizontal terdapat 18 tikungan, yang mana 4 tikungan tidak memenuhi jarak sisipan antar tikungan yaitu > 20 m dan 15 tikungan jenis Spiral – Spiral (SS) yang mana tidak digunakan pada standar PDGJ 2021. Dari hasil evalausi tersebut penulis melakukan perencanaan ulang geometrik jalan pada alinemen horizontal diperoleh hasil 10 tikungan yang terdiri dari 4 tikungan jenis Spiral – Circle – Spiral (SCS) dan 6 tikungan jenis Full Circle (FC). Sedangkan pada alinemen vertikal terdapat 15 lengkung vertikal, diantarnya 6 lengkung vertikal cembung dan 9 lengkung vertikal cekung.
Kata Kunci: Geometrik Jalan, Alinemen Vertikal, Alinemen Horizontal, Evaluasi Jalan
GEOMETRIC EVALUATION OF THE PALU – PALOLO MAIN ROAD (CASE STUDY: KM 30 – 32)
Moh. Lintar Al-Atsary, Ratnasari Ramlan, Zet Mallisa
ABSTRACT
The Palu – Palolo Main Road (Case Study: KM 30 – 32) is a provincial road located in Central Sulawesi Province, functioning as a primary local road connecting to Sigi Regency. This road features curves with small/inadequate radii and insufficient spacing between horizontal curves, causing discomfort for drivers. This condition is further exacerbated by the mountainous topography, which results in limited driver visibility. Therefore, the author aims to evaluate the road geometry, specifically the horizontal and vertical alignments, using the latest guidelines, namely the Road Geometric Design Guidelines of 2021. The research method involves collecting data on road geometry and conditions through field measurements. The collected data is then processed using Microsoft Office Excel 2019 and AutoCAD Civil 3D 2018. Based on the evaluation of the existing road, the horizontal alignment consists of 18 curves, of which 4 curves fail to meet the required spacing of > 20 m between curves, and 15 curves are of the Spiral – Spiral (SS) type, which is not used in the 2021 RDG standards. Following this evaluation, the author redesigned the horizontal alignment geometry, resulting in 10 curves comprising 4 Spiral – Circle – Spiral (SCS) curves and 6 Full Circle (FC) curves. Meanwhile, the vertical alignment includes 15 vertical curves, consisting of 6 convex vertical curves and 9 concave vertical curves.
Keywords: Geometric Road, Vertical Alignment, Horizontal Alignment, Road Evaluation
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/109468 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |