INDAH NURMALASARI HIDAYAT (2024) EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) PADA PENDERITA HIPERTENSI DI UPTD PUSKESMAS MAMBORO KOTA PALU TAHUN 2024. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Indah Nurmalasari Hidayat, Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pada Penderita Hipertensi Di UPTD Puskesmas Mamboro Kota Palu Tahun 2024 (di bawah bimbingan Muh. Rizki Ashari)
Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako
Juli, 2024
Puskesmas Mamboro memiliki peran utama pelayanan kesehatan terbagi 12 indikator salah satunya penderita hipertensi yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Menurut Permenkes RI No. 4 Tahun 2019. Masalah yang ditemukan DI Pkm Mamboro adalah selama 3 tahun terakhir belum tercapainya target SPM yang telah di tetapkan Permenkes yaitu 100%.Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi SPM pada penderita hipertensi di Puskesmas Mamboro dalam angka penemuan kasus dengan pendekatan sistem, yaitu input, process, dan output. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penemuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan standar pelayanan minimal (SPM) di Puskesmas Mamboro belum berjalan secara optimal hal ini dikarenakan tenaga pelaksana secara kualitas belum pernah mendapatkan pelatihan. Sarana prasarana sudah ada tapi belum sesuai dengan kebutuhan dalam memberikan sosialisasi. Pelaksanaan belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, tenaga kesehatan yang melakukan skrining penderita hipertensi bisanya hanya melakukan pemeriksaan saja. Pengawasan sudah dilakukan evaluasi tiap bulan. Capaian standar pelayanan minimal (SPM) penderita hipertensi belum cukup baik. Saran penelitian ini yaitu perlu adanya bentukan pelatihan kedepannya, tersedianya sarana dan prasarana, pelaksanaan dan pengawasan berjalan dengan optimal, dan capaian standar pelayanan minimal harus mencapai target yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Evaluasi, Standar Pelayanan Minimal, Penderita Hipertensi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/109746 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |