EVALUASI PELAYANAN DISTRIBUSI AIR BERSIH PDAM DI BTN LASOANI ATAS KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU

BRENAN RENALDI (2023) EVALUASI PELAYANAN DISTRIBUSI AIR BERSIH PDAM DI BTN LASOANI ATAS KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk mengetahui kebutuhan air bersih PDAM Uwelino Donggala ke daerah BTN Lasoani atas Kecamatan Mantikulore Kota Palu dan Untuk mengetahui kinerja pelayanan distribusi air bersih PDAM Uwelino Donggala ke daerah BTN Lasoani atas Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Tujuan dari penelitian ini yaitu Bagaimana kebutuhan air bersih PDAM Uwelino Donggala ke daerah layanan BTN Lasoani atas Kecamatan Mantikulore Kota Palu Bagaimana sistem pelayanan distribusi air bersih PDAM Uwelino Donggala ke daerah layanan BTN Lasoani atas Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Kebutuhan air bersih merupakan faktor pendukung sebagai kelangsungan hidup manusia salah-satunya pada permasalahan kebutuhan air bersih di BTN Lasoani Atas. PDAM Uwelino Donggala menjadi distribusi air bersih selain dari pada sumur bor dan PDAM Kota Palu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuantitatif deskriptif populasi seluruh rumah BTN Lasoani Atas, sampel menggunakan teknik probalility sampling. Hasil penelitian ini didapatkan total kebutuhan air di BTN Lasoani Atas yang menjadi konsumen dari PDAM Uwelino Donggala adalah 70.320 liter/hari atau 0,8 liter/detik dari hasil data PDAM yang disediakan untuk BTN Lasoani Atas sekitar 0,094 liter/detik sehingga kebutuhan air bersih untuk BTN Lasoani Atas saat ini belum terpenuhi. proyeksi lima tahun 0,95 liter/detik. survei menunjukkan adanya kekeruhan, mengindikasikan permasalahan dalam penyediaan air bersih di daerah tersebut.. Pada tahun 2022 jumlah penduduk 586 lebih banyak dibandingkan pada tahun 2021 dengan jumlah penduduk yaitu 540 di perusahaan daerah air minum (PDAM) Uwelino Donggala agar lebih memperhatikan pelayanan air bersih, menjaga kualitas air dan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap pipa yang bocor dan meteran yang rusak Dari pihak PDAM Uwelino donggala mencari sumber air baru atau mencari solusi teknik yang baru agar dapat meminimalisir banyak pengaduan dari pelanggan mengenai aliran air yang kecil, aliran air yang sering mati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/109750
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item