Evaluasi Pembelajaran Luar Jaringan Dalam Pemberian Tugas Kepada Peserta Didik Pada Mata Pelajaran ISBD Di Masa Pandemic Covid 19 Di SDN Inpres Tomehip

RIRIANI TOEWA (2022) Evaluasi Pembelajaran Luar Jaringan Dalam Pemberian Tugas Kepada Peserta Didik Pada Mata Pelajaran ISBD Di Masa Pandemic Covid 19 Di SDN Inpres Tomehip. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ririn Toewa. 2021. Evaluasi Pembelajaran Luar Jaringan dalam Pemberian
Tugas Kepada Peserta Didik pada Mata Pelajaran ISBD di Masa Pandemic
Covid 19 Di SDN Inpres Tomehip. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Taduako. Pembimbing: Yun Ratna.
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah pembelajaran luar jaringan
dengan pemberian tugas efektif digunakan dalam materi ISBD kelas IV SD Inpres
Tomehip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian tugas
rumah efektif digunakan dalam materi ISBD kelas IV SD Inpres Tomehip. Jenis
penelitian ini adalah jenis penelitian Pra-Eksperimen dan menggunakan Desain
Penelitian One-Group Pretest-Posttest yang terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV.
Sebelum diberikan perlakuan terlebih dahulu diadakan Pretest untuk mengetahui
kemampuan awal siswa kemudian diberikan perlakuan dan diadakan Posttest. Dan
penelitian ini menggunakan analisis data yaitu Analisis Statistik Deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa skor rata – rata siswa setelah dilakukan
pembelajaran luar jaringan dengan penggunaan metode pemberian tugas rumah
(Posttest) mengalami peningkatan yang signifikan atau lebih tinggi yaitu 79,52?ngan rentang skor 40 dibanding dengan (Pretest) atau sebelum dilakukan
pembelajaran luar jaringan dengan penggunaan metode pemberian tugas rumah
yaitu 54,28?ngan rentah skor 60. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD
Inpres Tomehip juga diketahui dari uji N-Gain melalui skor Pretest dan Posttest
diperoleh sebesar 0,47 berada pada kategori sedang. Selain itu, rata-rata
persentase aktivitas belajar siswa secara keseluruhan 72,98?rada pada
dikategorikan baik. Hasil angket respon siswa terhadap penggunaan metode
pemberian tugas rumah yaitu 80,95% sehingga dapat dikegorikan baik (positif).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan
metode pemberian tugas rumah efektif digunakan pada pembelajaran luar jaringan
materi ISBD di kelas IV SD Inpres Tomehip.
Kata Kunci : Pembelajaran luar jaringan Luring, Penggunaan Pemberian Tugas,
Mata pelajaran ISBD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/109764
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item