EVEKTIVITAS METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PALU

NURLAELA (2022) EVEKTIVITAS METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nurlaela, 2021. Evektivitas Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Palu. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Universitas Tadulako. Pembimbing Dra. Hj. Junarti, M.Hum
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana metode ceramah
yang dilakukan oleh Guru di SMA Negeri 1 Palu?;) 2) Bagaimana motivasi
belajar Siswa di SMA Negeri 1 Palu?;) 3)Bagaimana evektivitas metode ceramah
bervariasi dapat meningkatkan motivasi belajar Siswa pada mata pelajaran
Sejarah di SMA Negeri 1 Palu?;) Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis Peran
Guru dalam menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran Sejarah di
SMA Negeri 1 Palu. 2) Menjelaskan tentang bagaimana motivasi belajara Siswa
di SMA Negeri 1 Palu. 3)Menganalisis evektivitas metode ceramah terhadap
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Palu. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu
orang Guru dan sepuluh orang Siswa. Teknik pengumpulan data adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis
analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa 1) Peran Guru sejarah dalam
menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Palu cukup
efektif, hal ini terbukti dari hasil analisis dan hasil wawancara yang menunjukan
peran Guru dalam membuat Siswa merasa termotivasi dengan pembelajaran
Sejarah menggunakan metode ceramah secara virtual. Dimana Siswa merasa lebih
leluasa dalam menjawab dan menyampaikan ide-ide mereka melalui pembelajaran
dilakukan secara daring. 2)Motivasi Belajar Siswa dengan Guru menggunakan
metode ceramah di SMA Negeri 1 Palu cukup efektif dengan menggunakan
media virtual dan juga Guru di tuntut memberikan ceramah pada saat
penyampaian materi memilih metode yang di mana metode ini digunakan tidak
membuat para Siswa merasa bosan dan mereka lebih termotivasi untuk belajar. 3)
Evektivitas metode ceramah bervariasi yang dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Palu di nilai cukup efektif
yang di mana pembelajaran saat ini hanya melalui daring kebanyakan dari para
Siswa lebih menyukai pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah ini
secara virtual karena mereka lebih mudah memahami dengan apa yang dijelaskan
oleh Guru.
Kata Kunci: Evektivitas Metode Ceramah dan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/110003
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item