FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 18 PALU

ASDAR (2021) FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 18 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Asdar. 2021. “Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas
VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 18 Palu”. Skripsi. Jurusan Pendidikan
IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing
Dra. Hj. Junarti, M.Hum.
Rumusan masalah dalam artikel ini, yaitu: (1) Faktor-faktor apa saja yang menjadi
penyebab rendahnya minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di
SMPN 18 Palu?, (2) Bagaimana upaya Guru dalam mengatasi rendahnya minat
belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu?, (3)
Bagaimana strategi Guru dalam meningkatkan minat belajar Siswa kelas VII pada
mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu?. Sementara tujuan dalam artikel ini, yaitu:
(1) Mendeskripsikan tentang faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab
rendahnya minat belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18
Palu, (2) Mendeskripsikan tentang bagaimana upaya Guru dalam mengatasi
rendahnya minat belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18
Palu, (3) Mendeskripsikan tentang bagaimana strategi Guru dalam meningkatkan
minat belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif tujuannya adalah untuk menggambarkan
kondisi yang ada sesuai masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian
disimpulkan bahwa Faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar Siswa kelas
VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu diantaranya faktor Internal (berasal
dari dalam diri siswa) meliputi kondisi Siswa, kemampuan daya Intelektual,
motivasi dan kebiasaan belajar dan faktor Eksternal (berasal dari luar diri siswa )
meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan Guru. Upaya
Guru dalam mengatasih rendahnya minat belajar Siswa pada mata pelajaran IPS
yaitu dengan cara menerapkan metode pembelajaran bermcam-macam, seperti
ceramah, diskusi, dan tanya jawab dan juga memberikan catatan tambahan,
memberikan materi yang sudah di foto kopi dan memberikan penguatan . Strategi
Guru dalam meningkatkan minat belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan
cara menerapkan strategi pembelajaran Langsung (Direct Intruksion) dan strategi
pembelajaran tidak Langsung (Indirect Intruksion).
Kata Kunci : Minat, Siswa dan Pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/110023
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item