FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN BUAH NAGA DI PASAR MODERN KOTA PALU

MURSYID IBNU KASIM.MZ (2022) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN BUAH NAGA DI PASAR MODERN KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan buah naga di Sulawesi Tengah masih sedikit, namun
seiring berjalannya waktu harga dan permintaan buah naga yang semakin tinggi,
perawatan buah naga juga relatif mudah dan usia penen yang singkat membuat
para petani tertarik mengembangkannya di pasar modern. Adapun hal yang
diduga menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli buah naga itu sendiri
ialah harga buah naga, pendapatan konsumen, jumlah tanggungan keluarga dan
umur yang merupakan variabel-variabel berpengaruh terhadap permintaan buah
naga. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor harga, pendapatan,
jumlah tanggungan dan umur dapat memengaruhi permintaan buah naga di pasar
modern Kota Palu.
Penelitian dilaksanakan di Pasar Modern Kota Paluyang bertempat di
Transmart Carrefour Jl. Jendral sudirman, Lokasi penelitian dipilih secara
sengaja (Purpossive), dengan pertimbangan bahwa pasar ini merupakan pasar
modern yang menyediakan buah naga di kota Palu. Penelitian ini akan
dilaksanaan pada bulan Juli sampai Agustus 2020. Jumlah sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 responden dengan menggunakan
analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis mengenai Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan Buah
Naga di Pasar Modern Kota Palu secara simultan (Uji F) nilai Fhitung (1795,079) >
Ftabel (2,71) yang artinya semua variable secara berama-sama yaitu harga buah
naga (X1), pendapatan (X2), jumlah tanggungan keluarga (X3) dan umur (X4)
bepengaruh nyata secara signifikan terhadap permintaan buah naga. Secara parsial
(Uji t) harga buah naga (X1) berpengaruh nyata terhadap permintaan buah naga,
dimana thitung (55,990) > ttabel (1,724), variabel pendapatan (X2) berpengaruh nyata
terhadap permintaan buah naga, dimana thitung (2,662) > ttabel (1,724), variabel
Jumlah tanggungan keluarga (X3) berpengaruh nyata terhadap permintaan buah
naga, dimana thitung (3,416) > ttabel (1,724), variabel umur (X4) berpengaruh nyata
terhadap permintaan buah naga, dimana thitung (-2,882) > ttabel (-1,724).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/110045
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item