Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kebiasaan Membaca: Persepsi Mahasiswa Semester Lima Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tadulako

LULU NUTFATAN RAHMA (2023) Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kebiasaan Membaca: Persepsi Mahasiswa Semester Lima Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tadulako. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor dan tantangan terhadap kebiasaan membaca mahasiswa semester lima program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Tadulako. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Subjek penelitian ini melibatkan enam kelas mahasiswa semester lima. Dalam penelitian ini peneliti memilih lima siswa dari setiap kelas untuk menyelesaikan kuesioner dan hanya ada satu siswa dari setiap kelas yang akan melakukan wawancara. Berdasarkan hasil kuesioner, terdapat empat faktor yang mempengaruhi kebiasaan membaca yaitu: lingkungan rumah, lingkungan akademik, internet serta ketersediaan dan akses buku. Sedangkan hasil wawancara menunjukkan bahwa ada empat tantangan yang dihadapi oleh siswa, yaitu kurangnya kosakata, perubahan suasana hati, masalah keuangan dan ketersediaan buku.

Kata Kunci : Kebiasaan Membaca, Siswa EFL, Persepsi

The purpose of this research is to identify factors and challenges on reading habit of the fifth semester students of the English language education study program Tadulako University. This research method used qualitative research. The data were collected by using questionnaire and interview. The subject of this research involved six classes of fifth-semester students. In this research the researcher choose five students of each class to accomplished the questionnaire and there is one students only of each class to conducted an interview. Based on the results of questionnaire, there are four factors influencing reading habit, namely: home environment, academic environment, the internet and book availability and access. While the results of interview indicated that four challenges faced by the students, they were lack of vocabulary, mood swing, financial problems and book availability.

Key Words : Reading Habit, EFL Students, Perception

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/110077
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item