FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 TOLI-TOLI

FRANSISKUS EKO BOROTODING (2021) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 TOLI-TOLI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fransiskus Eko B. 2021. *Faktor-Faktor Penghambat Guru dalam Pembelajaran
Geografi pada Masa Pandemi covid-19 di sMA Negeri I Toli-Toli". skripsi.
Program Studi 51 Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Abdul Hamid.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yang menjadi faktor-faktor
penghambat dan apa saja upaya guru dalam mengatasi hambatan-hambatan pada
pembelajaran geografi pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Toli-Toli.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitati[ dengan subyek penelitian 2
orang guru mata pelajaran geografi. Teknik Pengumpulan drta dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman
wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan yarg pertoma,' faktor-faktor penghambat dalam
pembelajaran geografi pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri I Toli-Toli,
yang sangat mendominasi adalah jaring internet, pulsa data dan kepemilikan
smartphone siswa. Selain itu, faktor komunikasi, kurangnya minat belajar siswa,
metode pembelajaran secara daring, penyampaian materi yang lambatnya terjadi
pada siswa. Kedua; upaya sekolah dan guru mengatasi hambatan-hambatan
pembelajaran daring mata pelajaran geografi dengan cara: 1) pihak sekolah
bersama guru meminta kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran daring di
sekolah bagi siswa yang terkendala jaringan, dan smartphone; 2) guru melakukan
komunikasi secara personal melalui komunikasi dengan whatsapp; 3) guru
memberikan motivasi belajar setiap saat dalam pembelajaran pada siswa
mengikuti pembelajaran dan tidak ketinggalan materi:4) metode yang gunakan
dengan ceramah dan penugasan cukup sederhana dan memudahkan siswa;5)
sebagian siswa kurang menyukai pembelajaran geografi, setelah guru
mengidentifikasi siswa yang kurang menyukai pembelajaran geografisecara
daring; 6) faktor sarana dan prasarana terkait pembelajaran geografi secara daring
di SMA Negeri 1 Toli-Toli sangat mendukung dan cukup baik. '
Kata Kunci:Faktor penghambat, pembelajaran geografi , pandemi covid- 1 9

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/110444
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item