WITNASIH (2023) Fear Of Missing Out Dan Fenomena Online Shopping (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Witnasih, B 501 19 002 “Fear Of Missing Out Dan Fenomena Online Shopping
(Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako)†Program Studi 
Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. 
Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Stepanus Bo’do selaku pembimbing I dan Ibu 
Citra Antasari Selaku pembimbing II 
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) ingin mengetahui motif sebab (Because 
Motive), motif tujuan (In Order To Motive) sehingga seseorang menjadi FoMO dan 
pemaknaan penggunaan online shopping, (2) ingin mengetahui FoMO berperan 
dalam penyebaran informasi mulut kemulut khususnya terkait dengan pengalaman 
dan pertimbangan belanja mahasiswa Universitas Tadulako sebagai konsumen di 
online shopping (3) mengeksplorasi peran FoMO pada media sosial dapat 
mempengaruhi keputusan mahasiswa Universitas Tadulako melakukan pembelian 
di Online Shopping. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan studi 
fenomenologi. Tipe penelitian kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data 
di lakukan dengan cara observasi dan wawancara secara mendalam. Informan 
dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) informan yaitu mahasiswa Universitas 
Tadulako yang paham tentang FoMO.
Hasil penelitian ini adalah berdasarkan pengalaman dari 4 (empat) informan 
mahasiswa. Begitu banyak pemaknaan online shopping bagi penderita FoMO yakni 
online shopping sebagai kekasih atau pacar dan kebutuhan primer. Because Motive
(faktor sebab) dimana penggunaan online shopping berlebihan karena rasa 
penasaran, kenyamanan, kemudahaan, kebiasaan, trend, dan lingkungan 
pertemanan. In Order To Motive (tujuan) melakukan online shopping yakni untuk 
menyalurkan keinginan akan barang yang diinginkan, memenuhi rasa kurang puas 
diri, memudahkan berbelanja dari jarak jauh, menjadi Up To date. Seluruh informan 
menyatakan bahwa FoMO dan pertukaran informasi di media sosial bahkan dari 
mulut kemulut memiliki peran dalam mendorong respon aktif untuk mencari tahu, 
membagikan kembali informasi kepada orang terdekat hingga dapat menentukan 
pertimbangan belanja baik terhadap toko online lain terutama online shopping.
Kata Kunci: Fear Of Missing Out (FoMO), Online Shopping, Because Motive, 
In Order To Motive, Media Sosial.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/110871 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

