Fear Of Missing Out Dan Fenomena Online Shopping (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako)

WITNASIH (2023) Fear Of Missing Out Dan Fenomena Online Shopping (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Witnasih, B 501 19 002 “Fear Of Missing Out Dan Fenomena Online Shopping
(Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako)” Program Studi
Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako.
Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Stepanus Bo’do selaku pembimbing I dan Ibu
Citra Antasari Selaku pembimbing II
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) ingin mengetahui motif sebab (Because
Motive), motif tujuan (In Order To Motive) sehingga seseorang menjadi FoMO dan
pemaknaan penggunaan online shopping, (2) ingin mengetahui FoMO berperan
dalam penyebaran informasi mulut kemulut khususnya terkait dengan pengalaman
dan pertimbangan belanja mahasiswa Universitas Tadulako sebagai konsumen di
online shopping (3) mengeksplorasi peran FoMO pada media sosial dapat
mempengaruhi keputusan mahasiswa Universitas Tadulako melakukan pembelian
di Online Shopping. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan studi
fenomenologi. Tipe penelitian kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data
di lakukan dengan cara observasi dan wawancara secara mendalam. Informan
dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) informan yaitu mahasiswa Universitas
Tadulako yang paham tentang FoMO.
Hasil penelitian ini adalah berdasarkan pengalaman dari 4 (empat) informan
mahasiswa. Begitu banyak pemaknaan online shopping bagi penderita FoMO yakni
online shopping sebagai kekasih atau pacar dan kebutuhan primer. Because Motive
(faktor sebab) dimana penggunaan online shopping berlebihan karena rasa
penasaran, kenyamanan, kemudahaan, kebiasaan, trend, dan lingkungan
pertemanan. In Order To Motive (tujuan) melakukan online shopping yakni untuk
menyalurkan keinginan akan barang yang diinginkan, memenuhi rasa kurang puas
diri, memudahkan berbelanja dari jarak jauh, menjadi Up To date. Seluruh informan
menyatakan bahwa FoMO dan pertukaran informasi di media sosial bahkan dari
mulut kemulut memiliki peran dalam mendorong respon aktif untuk mencari tahu,
membagikan kembali informasi kepada orang terdekat hingga dapat menentukan
pertimbangan belanja baik terhadap toko online lain terutama online shopping.

Kata Kunci: Fear Of Missing Out (FoMO), Online Shopping, Because Motive,
In Order To Motive, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/110871
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item