NURFADILLAH (2023) Fenomena Modal Sosial Warung Sari Laut Di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nurfadillah, B 201 19 170, FENOMENA MODAL SOSIAL WARUNG SARI
LAUT DI KELURAHAN TONDO KECAMATAN MANTIKULORE. Dibimbing
oleh Hadisuddin Bolong, (Pembiming Utama), dan Ahmad Sinala, (Pembimbing
Pendamping).
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui fenomena modal sosial Warung Sari
Laut di Kelurahan Tondo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan prosedur penelitian yang dijelaskan secara deskriptif.
Terkait dengan itu ditempuh proses metodologi yang terdiri dari Penelitian Pustaka
dan Penelitian Lapangan yang terdiri atas: Observasi, Wawancara, Dokumentasi.
Infoman Dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 5 (lima) orang yang ditetapkan
secara Purposive.
Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan diperoleh hasil bahwa modal
sosial menjadi salah satu sebab berkembangnya Warung Mas Fahri Sidomulyo
hingga memiliki dua cabang. Modal sosial yang digunakan meliputi aspek
kepercayaan (trust), norma dan jaringan. Aspek utama dalam modal sosial yang
diterapkan adalah kepercayaan. Kepercayan yang dibangun antara pemilik dan
penyuplai bahan-bahan pokok dan bahan tambahan yaitu dengan mempercayakan
bahan-bahan yang dibutuhkan kepada para penyuplai bahan dengan berlangganan
dengan mereka. Kemudian kepercayaan antara pemilik warung dengan pekerja yang
dibangun dengan cara memberikan kepercayaan kepada pekerja untuk membantu
bertanggunjawab dalam mengurusi salah satu warung Mas Fahri Sidomulyo.
selanjutnya kepercayaan yang dibangun oleh pemilik dan pekerja terhadap pelanggan
dengan cara memberikan kenyamanan berupa kebersihan, sikap yang ramah, sopan
dan komunikasi yang baik terhadap pelanggan.
Kemudian aspek kedua adalah norma yang diterapkan dan menjadi panduan
dalam membangun ataupun mengembangkan usaha. Norma yang diterapkan pada
Warung Mas Fahri Sidomulyo adalah norma yang sifatnya spontan rasional
berdasarkan pertukaran sosial atau resiprositas. Selanjutnya aspek ketiga adalah
modal sosial yang digunakan adalah jaringan sosial. Dalam membangun sebuah
jaringan untuk mengembangkan usaha Warung Mas Fahri, maka pemilik membangun
jaringan dengan cara bergabung disalah satu komunitas yang menghimpun para
pelaku usaha yang serupa. Selain itu jaringan yang dibangun adalah jaringan
pemasaran. Jaringan ini dibangun oleh para pekerja di warung ini dengan cara
membangun kedekatan atau hubungan akrab dengan para pelanggan sehingga
memungkinkan pelanggan mengajak kerbat atau keluarganya untuk berbelanja
makanan di warung ini.
Kata Kunci: Modal Sosial, Kepercayaan, Norma dan Jaringan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Sosiologi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/110896 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |