GAME EDUKASI SEJARAH PENJAJAHAN SAMPAI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE BERBASIS MOBILE

DIGIT MARSSHAL ASSAH (2023) GAME EDUKASI SEJARAH PENJAJAHAN SAMPAI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE BERBASIS MOBILE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peristiwa penjajahan sampai kemerdekaan Indonesia memiliki ‘segudang’ sejarah dan pembelajaran berharga bagi penerus bangsa. Pentingnya nilai-nilai sejarah perjuangan sebagai pembelajaran mendorong pendidikan Indonesia untuk menyertakan materi sejarah penjajahan dan kemerdekaan kedalam pendidikan formal di Sekolah Dasar. Namun dalam penyampaian materi, anak-anak Sekolah Dasar menganggap proses pembelajaran membosankan karena metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Melihat masalah tersebut, penulis berinisiatif membuat media pembelajaran dalam bentuk game yang bisa interaktif dan eduktatif. Hasil penelitian yang dilakukan adalah membangun sebuah produk aplikasi game quiz untuk perangkat smartphone Android dengan tambahan algoritma Fisher Yates Shuffle (FYS) untuk mengacak urutan soal dan karakter jawaban dari kuis. Game ini selanjutnya diuji oleh responden yaitu pihak guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Tatura. Hasil pengujian fungsionalitas melalui angket menunjukan bahwa 90,56% responden menganggap game ini menarik, dan uji pengetahuan sejarah penjajahan pada siswa menunjukan nilai dari 34% sebelum menggunakan game meningkat menjadi 80% yang artinya membaik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111280
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item