GAYA BAHASA SLOGAN IKLAN PRODUK KECANTIKAN DI STASIUN TELEVISI TRANS TV

DEWI SARTIKA (2022) GAYA BAHASA SLOGAN IKLAN PRODUK KECANTIKAN DI STASIUN TELEVISI TRANS TV. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji gaya bahasa slogan iklan produk kecantikan di stasiun
televisi trans tv selama bulan Oktober 2020 hingga Januari 2021. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan bagaimana gaya bahasa yang dipakai dalam slogan iklan produk
kecantikan di stasiun televisi. Sumber data yang digunakan ada 26 iklan kecantikan di
stasiun televisi. Data penelitian ini berupa tuturan dan teks pada iklan produk kecantikan
yang ditayangkan di stasiun televisi TRANS-TV, selama bulan Oktober 2020 hingga
Januari 2021. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik rekam, simak dan catat, sedangkan analisisnya dilakukan
melalui tiga tahap yaitu pengumpulan data, identifikasi, dan pemaparan. Penelitian ini
menggunakan teori semantik dan teori periklanan, khususnya yang berkaitan dengan gaya
bahasa iklan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 8 jenis gaya bahasa yang
dipakai dalam iklan produk kecantikan di televisi selama bulan Oktober 2020 hingga
Januari 2021. Kedelapan gaya bahasa itu adalah gaya bahasa repetisi (perulangan), gaya
bahasa hiperbola, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa asonansi, gaya bahasa
asindenton, gaya bahasa polisindenton, gaya bahasa erotesis, dan gaya bahasa koreksio.
Secara urut gaya bahasa yang paling banyak dipakai dalam 26 iklan yang dianalisis
adalah: pertama gaya bahasa hiperbola (12 iklan), kedua gaya bahasa erotesis (8 iklan),
ketiga gaya bahasa gaya bahasa repetisi 6 iklan, gaya bahasa asonansi dan gaya bahasa
polisindenton (5 iklan), keempat gaya bahasa personifikasi dan gaya bahasa asindenton
memiliki hasil yang sama yaitu 4 iklan. kelima gaya bahasa koreksio (2 iklan). Dari 26
iklan yang dianalisis masing-masing memiliki ciri dan keunikan tersendiri dalam
penayangannya, sesuai dengan fungsi dari masing-masing gaya bahasa yang digunakan,
tetapi secara umum bermaksud untuk mencapai efek positif dalam mempromosikan
produk yang diiklankan sehingga konsumen membeli dan menggunakan produk
kecantikan yang diiklankan. Pemakaian gaya bahasa yang menarik dalam iklan sangatlah
diperlukan untuk menunjang keberhasilan suatu produk yang ditawarkan.
Kata kunci : gaya bahasa, iklan, slogan, kecantikan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111298
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item