GAYA BERBELANJA IBU-IBU DI PASAR MODERN DI KOTA PALU (Studi Kasus Transmart Carrefour)

RAMLAH (2021) GAYA BERBELANJA IBU-IBU DI PASAR MODERN DI KOTA PALU (Studi Kasus Transmart Carrefour). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Ramlah Stambuk B 301 14 092. Judul Skripsi “Gaya Berbelanja Ibu-Ibu Di
Pasar Modern Di Kota Palu (Studi Kasus Transmart Carrefour)”.Muhammad
Marzuki sebagai pembimbing utama dan Resmiwati sebagai pembimbing
pendamping.
Gaya hidup menggambarkan keseluruhan diri seseorang yang berinteraksi
dengan lingkungannya.Transmart Carrefour salah satu pasar modern yang sering
dikunjungi oleh masyarakat kota Palu. Pengunjung yang datang ke Transmart
Carrefour relatif beragam. Khususnya ibu-ibu, mereka memiliki karakteristik dan
tingkat keragaman dari segi status sosial ekonomi baik dari status sosial kelas
menengah ataupun kelas atas. Gaya hidup pada masyarakat Indonesia saat ini pasti
tidak terlepas dengan suatu keinginan untuk memiliki. Makna untuk memenuhi
keinginan itu perlu adanya pertukaran. Yang dimaksud dari pertukaran ini adalah jual
beli atau bisa disebut dengan “belanja” mau makan atau minum, mau sekolah, kuliah
atau bekerja yang diperlukan adalah belanja. Hidup kita sekarang ini tidak bisa lepas
dengan belanja. Belanja adalah gaya hidup kita dimasa sekarang dan masa yang akan
datang. Motivasi seseorang untuk berbelanja tidak lagi guna memenuhi kebutuhan
primer yang ia perlukan sebagai manusia, melainkan terkait dengan hal lain yakni
identitas.
Dari situ dilihat bahwa gaya hidup bersifat kolektif dan tidak tunggal. Gaya
hidup adalah hasil kreasi dan adopsi artifisial. Karena itu, gaya hidup merupakan
masalah pilihan. Gaya itu dapat dipakai dan dibuang sesuka hati, kapanpun dan
dimanapun. terutama yang yang digerakkan oleh arus komsumsi dan budaya popular.
Untuk bertahan hidup, sesuatu gaya hidup membutuhkan ruang, media, dan publik
pendukungnya. Kita tidak mungkin bisa memahami implikasi suatu gaya hidup tanpa
menyelami motivasi, sikap, dan nilai yang ada di balik pendukungnya dan kesadaran
historis sebuah generasi yang telah memilih suatu gaya hidup sebagai cara untuk
memaknai kehidupannya. Dengan demikian pengumpulan data dilakukan
menggunakan metode penelitian kualitatif beranjak dari prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif, selain itu peneliti juga menggunakan metode
wawancara dengan informan yang dianggap memiliki informasi yang dibutuhkan
dalam penelitian. Subjek yang dituju untuk diteliti merujuk pada ibu-ibu yang
melakukan aktivitas berbelanja dilihat dari karakteristik kelas sosial dan status
perkawinan.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa proses berbelanja tidak hanya
sekedar untuk memenuhi kebutuhan nilai guna semata namun setiap barang yang
yang dibeli oleh ibu-ibu tentunya didasari oleh sejumlah alasan. Alasan yang
dimaksudkan disini adalah rasionalisasi yang dibangun oleh ibu-ibu terhadap barang
yang dipilih. Memilih suatu barang bukannya tanpa pertimbangan, setiap orang yang
akan membeli pasti melalui proses seleksi. Pada proses itulah bekerja alasan-alasan
yang menjadi faktor dalam menentukan pemilihan terhadap barang.
Kata Kunci : Motif dan Konsumerisme

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Antropologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111300
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item