GENERASI MILLENIAL SEBAGAI AGEN MODERASI BERAGAMA DALAM MENANGKAL FAHAM RADIKALISME PADA ANAK USIA DINI DI TK MELATI MAYAJAYA KABUPATEN POSO

HANIF MAULIDA (2023) GENERASI MILLENIAL SEBAGAI AGEN MODERASI BERAGAMA DALAM MENANGKAL FAHAM RADIKALISME PADA ANAK USIA DINI DI TK MELATI MAYAJAYA KABUPATEN POSO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hanif Maulida, 2023. Pembelajaran moderasi beragama dalam menangkal paham radikalisme untuk menangkal penyebarannya terutama pada masa golden age sangat urgen untuk diberikan pemahaman sebagai pencegahan kerusakan moral yang lebih jauh. Generasi milenial diharapkan dapat menjadi agen moderasi beragama untuk menangkal paham radikalisme yang berkembang di kalangan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran moderasi beragama dalam menangkal paham radikalisme pada anak. Metode yang digunakan adalah melalui observasi, tanya jawab, penyimpanan data atau pengarsipan. Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam menangkal paham radikalisme pada anak usia dini melalui pembelajaran moderasi beragama dapat mempengaruh pemahaman dalam menangkal paham radikalisme sesuai dengan tingkat perkembangan dan usia anak. Pembelajaran moderasi beragama dalam menangkal paham radikalisme khususnya pada masa golden age yang menggunakan kurikulum 13 yang diajarkan oleh guru. Ada 3 aspek yang diamati, yaitu anti kekerasan, toleransi dan kebangsaan bahwa ada peningkatan pada anak dari 3 aspek yang diamati sesuai dengan tumbuh kembang dan usia anak dengan indikator dari penilaian guru. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran moderasi beragama dalam menangkal paham radikalisme pada generasi milenial khususnya anak usia dini.
Kata kunci: Generasi milenial, radikalisme, moderasi beragam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111408
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item