Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Inpres Bambaloka

MUSDALIFAH (2022) Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Inpres Bambaloka. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Musdalifah. 2018. Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa
Kelas Tinggi SD Inpres Bambaloka. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Rizal, S.Ag., M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Dalam
penelitian ini yaitu mengidentifikasi masalah, membatasi dan merumuskan
masalah, melakukan studi pustaka, menentukan kerangka berpikir dan hipotesis,
mendesain metode penelitian, menyusun instrumen. mengumpulkan dan
menganalisis data, menguji hipotesis. Populasi dalam penelitian adalah siswa
kelas IV, V, SD Inpres Bambaloka dengan jumlah siswa 152. Teknik pengambilan
sampel menggunakan Proportionote Stratified Random Sampling dengan jumlah
sampel 40 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan
angket. Uji hipotesis menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukan
bahwa kedisiplinan siswa SD Inpres Bambaloka rata-rata 131 sebanyak 47,1%
tergolong dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa SD Inpres Bambaloka
rata-rata 70 sebanyak 42,6% tergolong dalam kategori baik. Hasil r hitung sebesar
0,679 dan sig 0,00 < 0,005 yang menunjukan bahwa adanya hubungan yang
positif dan signifikan antara kedisiplinan dan hasil belajar. Simpulan penelitian ini
adalah terdapat hubungan positif antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa
SD Inpres Bambaloka.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kedisiplinan, Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111598
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item