HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 PALU

YUDI APRIANTO DALLE (2024) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yudi Aprianto Dalle, 2024. “Hubungan antara Interaksi Teman Sebaya dengan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Palu”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing Nurwahyuni.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi teman sebaya dan minat belajar, serta untuk mengetahui apakah ada hubungan antara interaksi teman sebaya dengan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palu tahun pembelajaran 2023/2024 berjumlah 101 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 30 subjek dengan teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Hasil analisis penelitian menggunakan Uji Korelasi Pearson Product Moment memperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara interaksi teman sebaya dengan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palu. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan SPSS versi 29 dimana nilai Sig. (2-tailed) = 0.024 < 0> 0.361. Maknanya semakin baik interaksi siswa dengan teman sebayanya maka minat belajarnya juga akan semakin tinggi. Sebaliknya jika interaksi siswa dengan teman sebayanya kurang baik maka minat belajarnya juga akan semakin rendah.

Kata kunci: Interaksi Teman Sebaya, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111644
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item