Hubungan Antara Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa SMP Negeri 18 Palu

RUSMIATI (2020) Hubungan Antara Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa SMP Negeri 18 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rusmiati, 2020. Hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMP Negeri 18 Palu. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Bustamin

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMP Negeri 18 Palu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan korelasi yang menghubungkan antara variable bebas (X) yaitu minat belajar dan satu variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 49 siswa yang berasal dari kelas VIII. Sumber data penelitian ini diperoleh dari angket tertutup berjumlah 20 butir untuk variabel minat belajar dan nilai rata-rata raport semester ganjil untuk variabel hasil belajar siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yang telah diperoleh dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus korelasi product moment. Dari analisis data diperoleh rxy= 0,322 untuk N=49, nilai “r” product moment taraf signifikan 5% = 0,281 dengan demikian rxy= 0,322> 0,281 taraf signifikan 5?lam hal ini rhitung lebih besar dari rtabel. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar pada siswa SMP negeri 18 palu dapat diterima.

Kata Kunci: Minat belajar, Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111721
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item