REGITA CAHYANI (2022) HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Regita Cahyani, 2021. Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Hasil Belajar
Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palu. Skripsi, Program
Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing. Munifah.
Permasalahan pada penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara stres
akademik dengan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah
menjelaskan hubungan antara tingkat stres akademik dengan hasil belajar siswa.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 125 orang siswa. Alat pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket stres akademik dan nilai raport
hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan
teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis
deskriptif menunjukkan bahwa ada 10% siswa yang memiliki stres akademik
sangat tinggi, 38% siswa yang memiliki stres akademik tinggi, 44% siswa yang
memiliki stres akademik rendah, dan 7% siswa yang memiliki stres akademik
sangat rendah. Selanjutnya 18% siswa yang memiliki hasil belajar sangat tinggi,
46% siswa yang memiliki hasil belajar tinggi, 35% siswa yang memiliki hasil
belajar rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa rhitung > rtabel atau
0,698 > 0,176 yang berarti hipotes is nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa
ada hubungan antara stres akademik dengan hasil belajar siswa Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palu.
Kata Kunci : stres akademik, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111811 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |