Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah

MAISARAH (2023) Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
MAISARAH. Hubungan Bauran Pemasaran dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah (di bawah bimbingan Muh. Ryman Napirah)

Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako

RSUD Undata merupakan rumah sakit tipe B dengan akreditasi Paripurna yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Rumah sakit memperoleh manfaat yang baik jika memperhatikan kepuasan pasien. RSUD Undata memiliki rata-rata Indeks Kepuasan Masyarakat pada tahun 2018 adalah 76,65%, tahun 2019 meningkat menjadi 79,91%, tahun 2020 menurun menjadi 76,55%, dan tahun 2021 meningkat kembali menjadi 79,09%. Rata-rata nilai persepsi responden terhadap unsur pelayanan masih di bawah standar yaitu di bawah angka 4,00. Pasien kurang puas pada aspek Process dan Physical Evidence. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran 7P dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional, pengambilan sampel menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Jumlah sampel adalah 99 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan produk (p=0.076) dan tarif (p=0,228), ada hubungan tempat (p=0,025), promosi (p=0.024), orang (p=0.000), proses (p=0.000), dan bukti fisik (p=0.000) dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. RSUD Undata diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan bauran pemasarannya terlebih lagi yang berhubungan dengan kepuasan pasien terkhusus pada Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111855
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item