SINTA FITRAYANTI (2021) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BAMBALEMO PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM SITUASI PEMBERLAKUAN PSBB COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Sinta Fitrayanti (2020). Hubungan Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar
Siswa IV SDN Bambalemo Pada Pembelajaran IPS Dalam Situasi Pemberlakuan
PSBB Covid-19. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan
Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing: Huber Yaspin Tandi.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana Hubungan
Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa IV SDN Bambalemo Pada
Pembelajaran IPS Dalam Situasi Pemberlakuan PSBB Covid-19. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Bimbingan Belajar Terhadap
Hasil Belajar Siswa IV SDN Bambalemo Pada Pembelajaran IPS Dalam Situasi
Pemberlakuan PSBB Covid-19. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah “
Ada Hubungan Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa IV SDN
Bambalemo Pada Pembelajaran IPS Dalam Situasi Pemberlakuan PSBB Covid19â€. Adapun subyek yang diambil yaitu kelas IV sebanyak 20 siswa untuk
mengumpulkan data, digunakan instrument berupa angket yang diberikan kepada
siswa kelas IV serta melihat hasil nilai Rapor siswa sebelum pemberlakuan
pembatasan social berskala besar (PSBB) angket perbandingan. Selanjutnya data
yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik presentase dan
korelasi product moment pada taraf kepercayaan 95%. hasil analisis deskripsi
mengenai Hubungan Bimbingan Belajar bahwa terdapat 8 siswa atau 40% siswa
yang berpendapat Hubungan Bimbingan Belajar yang tergolong sangat tinggi, 12
siswa atau 60% siswa yang berpendapat Hubungan Bimbingan Belajar yang
tergolong tinggi, 0 siswa atau 0% yang berpendapat Hubungan Bimbingan Belajar
tergolong cukup, 0 siswa atau 0% yang berpendapat Hubungan Bimbingan
Belajar tergolong rendah, dan 0 siswa atau 0% yang berpendapat Hubungan
Bimbingan Belajar tergolong sangat rendah. Dari hasil pengujian analisis regresi
dengan menggunakan rumus korelasi pada taraf signifikan 5% diperoleh
( ) dikonsultasikan dengan ( ) diperoleh 0,444, dengan demikian ( ) ( ) atau 0,999 > 0,444. Berdasarkan hasil pengujian
tersebut (Ha) yang menyatakan terdapat hubungan antara hubungan bimbingan
belajar terhadap hasil belajar siswa diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan antara hubungan bimbingan belajar terhadap hasil belajar
siswa kelas IV SDN Bambalemo pada pembelajaran IPS dalam situasi
pemberlakuan PSBB COVID-19. Kata Kunci : Hubungan Bimbingan Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111868 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |