NUR FAISA (2022) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN BAMBALEMO DI MASA PANDEMI COVID19. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nur Faisa, 2021. Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas
V SDN Bambalemo Di Masa Pandemi Covid19, Skripsi, Program Studi Guru
Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dann Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada Hubungan Interaksi
Sosial dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN
Bambalemo di masa pademi Covid19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah ada hubungan Interaksi sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN
Bambalemo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode korelasi. Sampel
yang diambil yaitu kelas V sebanyak 33 orang siswa. Untuk mengumpulkan data
digunakan instrument berupa angket yang diberikan kepada siswa kelas V serta
melihat nilai Hasil Belajar IPS pada raport siswa. Selanjutnya data yang
terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan
korelasi product moment pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari 33 orang siswa kelas V SDN Bambalemo, terdapat 14
siswa atau 42,42% yang berpendapat melakukan interaksi sosial dengan kriteria
tinggi, 19 siswa atau 57,58% yang berpendapat melakukan interaksi sosial dengan
kriteria sedang, dan tidak ada atau 0% yang berpendapat melakukan interaksi
sosial dengan kriteria rendah dan sangat rendah. Selanjutnya untuk hasil belajar
IPS siswa terdapat 16 siswa atau 48,49% yang memiliki hasil belajar dengan
kriteria baik sekali, 17 siswa atau 51,51% yang memiliki hasil belajar dengan
kriteria baik, dan tidak terdapat atau 0% siswa yang memiliki hasil belajar cukup,
hasil belajar kurang, dan hasil belajar gagal. Dari hasil pengujian analisis
inferensial dengan menggunakan rumus korelasi pada taraf signifikan 5%
diperoleh rhitung= 0,672 dikonsultasikan dengan r tabel diperoleh 0,344, dengan
demikian r hitung > r tabel atau 0,672 > 0,344. Dengan demikian Ho yang
menyatakan tidak ada hubungan interaksi sosial dengan hasil belajar IPS siswa
kelas V SDN Bambalemo di masa pademi Covid19 ditolak. Selanjutnya dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan interaksi sosial dengan hasil belajar siswa kelas
V SDN Bambalemo di masa pademi Covid19.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Hasil Belajar IPS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/111984 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |