HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 PALU

NOVITASARI (2024) HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Kemampuan literasi sains yang rendah bagi siswa sebagian besar siswa indonesia
berdasarkan skor PISA menunjukkan skor rata-rata siswa masih jauh dibawah
rata-rata internasional. Pada abad 21 manusia dituntut memiliki kualitas yang
berkemampuan dalam teknologi, berpikir kritis, kreatif dan mampu
menyelesaikan masalah. rendahnya hasil belajar salah satu faktor menyebabkan
rendahnya kemampuan literasi sains. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan
antara kemampuan literasi sains dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 21
Palu. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasinya yaitu seluruh
siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Palu, dan sampel kelas VIII sebanyak 35 siswa
dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Instrumen
yang digunakan adalah soal Tes Kemampuan Literasi Sains. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi sains sebesar 0,59 dan
hasil belajar 86,37. Berdasarkan analisis statistik, terlihat bahwa adanya hubungan
yang signifikan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar. koefisien korelasi r
= 0.734, signifikansi t = 6,191. Hal ini menjelaskan bahwa siswa mampu
menjelaskan konsep sains dengan benar tetapi pemahaman terhadap sains sangat
kurang.
Kata Kunci : Kemampuan Literasi Sains, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112093
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item