HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 TILUNG KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG

SUANDRI (2024) HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 TILUNG KECAMATAN TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Suwandri (2024). Hubungan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi
Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Tilung Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi
Moutong. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing, Herlina.

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana hubungan
Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 2
Tilung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kemampuan
Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Tilung.
Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Kemampuan
Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar siswa. Adapun subyek yang diambil
yaitu kelas IV sebanyak 27 siswa untuk mengumpulkan data, digunakan
instrument berupa angket yang diberikan kepada siswa kelas IV serta melihat
hasil nilai raport. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan
menggunakan teknik presentase dan korelasi product moment pada taraf
kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 17 siswa atau 62,96%
siswa berpendapat kemampuan mengajar guru yang tergolong sangat tinggi, 10
siswa atau 37,03% siswa yang berpendapat kemampuan mengajar guru yang
tergolong tinggi, dan tidak terdapat siswa atau 0% siswa berpendapat kemampuan
mengajar guru yang tergolong rendah maupun sangat rendah. Selanjutnya untuk
prestasi belajar siswa terdapat 10 siswa atau 37,03% siswa yang memiliki prestasi
belajar sangat tinggi, 17 siswa atau 62,96% siswa yang memiliki prestasi belajar
tinggi, dan tidak terdapat siswa atau 0% siswa yang memiliki prestasi belajar
rendah maupun sangat rendah. Dari hasil pengujian analisis ferensial dengan
menggunakan rumus korelasi pada taraf kepercayaan 95% diperoleh
rh(rhitung) = 0,720 dikonsultasikan dengan tabel r diperoleh 0,381, dengan
demikian rh(rhitung) > rt(rtabel) atau 0,720 > 0,381. Maka konsekuensinya Ho
ditolak. Dengan demikian ada Hubungan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Tilung.

Kata Kunci : Kemampuan Mengajar Guru, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112099
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item