ERI HERMAWANSA (2024) Hubungan Kreativitas Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Bumi Sagu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kreativitas guru 
dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Adapun tujuan penelitian untuk 
mendeskripsikan hubungan antara kreativitas guru dengan prestasi belajar pada siswa kelas 
V SD Inpres Bumi Sagu. Jenis penelitian adalah yang dilakukan yaitu kualitatif dengan 
populasi penelitian seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 29 siswa. Sampel penelitian ini 
adalah siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu yang terdiri dari 19 siswa diantaranya 9 laki –
 laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, 
dokumentasi, serta wawancara. Analisis data untuk mendeskripsikan digunakan teknik 
analisis deskriptif dengan rumus: =
????
/????
X100. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dari 19 
siswa yang menjadi responden yang menyatakan kriteria kreativitas guru sangat baik 
sebanyak 11 responden atau 457,8947 % sedangkan yang menyatakan kriteria kreativitas guru 
baik sebanyak 8 responden atau 42,1052%. Dari uraian tersebut, dapat di simpulkan bahwa 
kreativitas guru sudah menunjukkan kriteria sangat baik, terbukti dari keterangan yang 
diperoleh dari hasil pengisian angket. Jadi itu sudah dapat membuktikan bahwa guru kelas V 
SD Inpres Bumi Sagu telah memahami dan menerapkan 6 point kriteria kreativitas guru 
dalam proses pembelajaran. Adapun terkait dari pilihan alternatif jawaban berdasarkan angket 
dan secara keseluruhan siswa tidak merata dalam memilih alternatif jawaban, karena itu merupakan faktor-faktor dari siswa itu sendiri. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa kelas 
SD Inpres Bumi Sagu dapat dilihat dari nilai lapor. Dimana nilai lapor dari jumlah 29 
populasi yang diambil menjadi sampel 19 responden itu, menunjukkan hasil peningkatan nilai 
rata- rata terendah mulai dari 64,4 sampai dengan nilai rata – rata tertinggi 79,7. Dari uraian 
di atas dapat dikatakan guru telah memenuhi kriteria kreativitas guru dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/112187 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

